apakah dinosaurus itu sebesar yang kita tau ?

Sejumlah peneliti dari George Mason University, Virginia menyangsikan hasil penelitian tentang ukuran Dinosaurus yang beredar di masyarakat hingga saat ini. Para peneliti tersebut mengatakan, ukuran Dinosaurus yang diungkapkan pada penelitian sebelumnya kurang tepat.

Menurut Geoffrey Birchard, seorang peneliti dari George Mason University mengatakan, ukuran Dinosaurus kemungkinan 50 persen lebih kecil dari yang telah dikemukakan peneliti sebelumnya.

“Kami tetap percaya, jika Dinosaurus merupakan binatang raksasa dan kami tidak menyangkalnya, tapi untuk ukuran berat kami memperkirakan bobotnya hanya setengah dari yang dibayangkan,” kata Birchard.

Birchard mencontohkan, Dinosaurus jenis Apatosaurus louisae, yang merupakan Dinosaurus terbesar, diperkirakan memiliki berat 42 ton. “Berdasarkan penelitian terbaru kami beratnya mungkin hanya 20 ton,” katanya.

Jenis lain yang diungkapkan tim George Mason University antara lain, Giraffatitan brancai (Brachiosaurus) yang sebelumnya berbobot 35 ton dinilai hanya 18 ton, sedangkan Lourinhasaurus alenquerensis yang sebelumnya memiliki berat 32 ton diperkirakan hanya 17 ton.

Tim peneliti yang dipimpin Birchard meyakini, ada komponen penghitungan yang salah pada penelitian sebelumnya, karena para peneliti menggunakan pendekatan penghitungan binatang yang ada seperti gajah, untuk memprediksi berat Dinosaurus.

Saat ini, peneliti menggunakan model statisk baru yang memiliki tingkat akurasi sangat tinggi. Penelitian berat badan Dinosaurus itu menggunakan data dari tulang-tulang Dinosaurus. (okezone)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: