rahasia dibalik jam ABRAHAM LINCOLN

Jam tangan emas yang dimiliki oleh Presiden AS Abraham Lincoln ternyata terdapat pesan rahasia di dalamnya. Pesan itu tidak pernah diketahui oleh Lincoln dan oleh siapapun hingga terungkap sekarang.

90244
Pesan itu ditulis pembuat jam Jonathan Dillon pada 13 April 1861. Jam itu berisi terjadinya Perang Sipil di AS. Pesan itu berbunyi “Benteng Sumpter diserang pemberontak ” dan “Terima kasih kita punya pemerintahan.”

Museum Sejarah Nasioanl AS mengatakan membuka jam itu setelah diberitahu oleh cucu pembuat jam itu.

Perang sipil AS mulai saat pasukan konfederasi menyerang benteng Sumpter di Charleston, Carolina Selatan pada 12 April 1861.

Empat puluh lima tahun kemudian, pembuat jam itu, Dillon mengatakan pada The New York Times telah mereparasi jam Lincoln saat mendengar tembakan pertama Perang Sipil.

Dillon mengatakan, membuka jam itu dan menggunakan alat yang tajam untuk menandai hari bersejarah itu di jam presiden. Dia mengatakan sejauh yang dia tahu tak ada seorang pun yang tahu tulisannya itu.

“Lincoln tidak pernah tahu pesan yang dibawa dalam kantungnya. Ini hal lain di sejarah, tukang jam biasa terinspirasi untuk mencatat sejarah,” kata Brent Glass, direktur National Museum of American History.

Lincoln terpilih sebagai presiden AS ke 16 pada November 1860. Sebelum perang sipil, Carolina Selatan dan enam negara bagian lain keluar dari Union sebelum Lincoln diambil sumpah pada Maret 1861.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: